5 Penyebab ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan

ATM Mandiri merupakan E Channel yang memudahkan kalian untuk melakukan transaksi perbankan secara online 24 jam, sehingga kalian tidak bergantung lagi dengan jam operasional Bank Mandiri.

Penyebutan ATM Mandiri terdiri dari 2 bagian yaitu Mesin dan Kartu, kedua bagian ini saling berkaitan dan tidak dapat digunakan terpisah.

Jika salah satunya bermasalah maka ATM mandiri tidak bisa digunakan, oleh karena itu Bima Institute akan mengulas alasan kenapa atm mandiri tidak bisa digunakan? berikut ulasannya:

1. MESIN ATM MANDIRI RUSAK

Mesin ATM Mandiri rusak disebabkan karena salah satu perangkatnya rusak, baik itu adaptor, pembaca chip/magnetic atau lainnya.

Jika hal demikian terjadi pada mesin ATM Mandiri maka mesin ATM mandiri tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

Solusinya kalian dapat melakukan transaksi pada mesin ATM Mandiri lain yang normal, jika mesin ATM Mandiri susah di jangkau, kalian dapat menggunakan mesin ATM lain, kerena yang rusak adalah mesin ATM bukan kartu, sehingga kalian dapat melakukan transaksi di mesin ATM manapun.

2. MESIN ATM MANDIRI KOSONG

Walaupun kondisi mesin ATM Mandiri normal, mesin ATM Mandiri tetap tidak dapat digunakan jika saldonya kosong, biasanya Bank Mandiri akan memasang papan informasi yang berbunyi Mesin ATM hanya dapat digunakan untuk transaksi non tunai.

3. JARINGAN ATM MANDIRI GANGGUAN

Jaringan ATM Mandiri gangguan biasa di alami oleh keduanya baik itu jaringan Mesin ATM atau jaringan kartu ATM ketika Bank Mandiri sedang melakukan maintenance layanan atau peningkatan layanan.

Jika hal demikian terjadi maka mesin dan kartu ATM mandiri  tidak bisa digunakan, sebelum masa maintenance selesai, proses maintenance tidak berlangsung lama paling lama 1x 24 jam.

Solusinya kalian melakukan transaksi secara berkala atau memanfaatkan aplikasi Livin By Mandiri untuk bertransaksi, apabila kalian belum Registrasi dan Aktivasi Livin Mandiri kalian dapat melakukannya dalam hitungan menit saja.

4. KARTU ATM MANDIRI RUSAK

Apabila kartu ATM rusak tentunya tidak dapat gunakan untuk bertransaksi, baik itu karena patah, bengkok, chip atm tidak terdeteksi dan pita magnetic tergores.

Solusinya kalian harus melakukan pergantian kartu dengan mengunjungi Cabang Bank Mandir terdekat dengan membawa Buku Rekening, Kartu ATM rusak, E KTP dan biaya pergantian kartu, biaya pergantian kartu tergantung dari jenis kartu ATM Mandiri yang kalian gunakan siapkan saja dana sekitar Rp. 15.000 -  Rp. 25.000.

5. KARTU ATM MANDIRI DIBLOKIR

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan kartu ATM Mandiri diblokir kerena hilang, terindikasi transaksi mencurigakan, belum melakukan pergantian kartu dari magnetic ke chip dan kartu kadaluarsa.

Apabila kartu ATM Mandiri kalian terblokir, otomatis kartu atm mandiri tidak bisa digunakan dan ciri-cirinya mesin ATM Mandiri akan mengeluarkan kartu secara otomatis.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan ATM Mandiri tidak bisa digunakan, terkait hal itu ada berapa pertanyaan yang mesti di jawab terkait ulsan diatas:

ATM Mandiri

Apa Penyebab Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan Untuk Digunakan?

Penyababnya adalah kartu ATM mandiri belum di aktifkan, saldo di bawah minimal dan kartu debit Mandiri rusak seperti yang telah dijelaskan diatas.

Berapa Lama Kartu ATM Mandiri Baru Bisa Digunakan?

Kartu ATM Mandiri langsung bisa digunakan setelah diterima dari Costumer Service Mandiri dan biasanya beberapa menit setelah  kalian ganti PIN.

Apakah Kartu ATM Mandiri Yang Sudah Lama Tidak Digunakan Bisa Digunakan Kembali?

Bisa digunakan kembali asalkan kartu ATM belum berstatus pasif/dormant, jika telah pasif maka kalian harus mengurusnya di Cabang Bank Mandiri dengan membawa Buku Tabungan, Kartu ATM dan E KTP.

Apakah Kartu ATM Mandiri Lama Masih bisa digunakan?

Masih bisa digunakan selama periode blokir yang telah ditentukan.