Mengenal Menu di Corel Draw 2019 Beserta Fungsinya

Mengenal Menu di Corel Draw 2019 Beserta Fungsinya | Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh, Corel Draw Merupakan aplikasi desain berbasis vektor yang telah berkembang dari tahun 1988 hingga saat ini. Terdapat berbagai macam versi yang telah dikembangkan oleh Corel mulai dari versi point, versi X dan yang terakhir menggunakan kode tahun peluncurannya.
Corel
Pada artikel ini kita akan membahas tentang Corel Draw Graphics Suite 2019 atau yang biasa kita sebut Corel Draw 2019 mulai dari menu sampai pada fungsi-fungsi dari menu itu sendiri. Corel Draw Graphics Suite 2019 merupakan aplikasi buatan Corel yang dirilis pada tahun 2019 menggantikan posisi adiknya Corel Draw Graphics Suite 2018 yang telah dirilis pada tahun sebelumnya, versi Graphics Suite dengan kode tahun sendiri mulai ditampilkan pada tahun 2017 dengan Corel Draw Graphics Suite 2017 menggantikan versi sebelumnya yang berakhir di tahun 2016 dengan nama Corel Draw X8. Menu pada Corel Draw 2019 memiliki tampilan yang tidak jauh beda dari Corel Draw 2018.
Corel
Corel
Untuk jumlah menu sendiri, Corel Draw 2019 memiliki 5 menu utama dan 8 menu tambahan.

Menu utama
Menu utama merupakan sebuah menu yang tampil dijendela utama Corel Draw saat kita membuka aplikasi dan paling sering kita gunakan saat membuat sebuah project.

Menu 1: Menu bar
Corel
Menu bar merupakan sebuah menu yang berada pada posisi paling atas pada jendela Corel Draw dibawah Title bar. Menu bar memiliki fungsi untuk menampilkan opsi-opsi atau pilihan yang dimana memiliki berbagai macam fitur didalamnya yang bisa kita gunakan untuk membantu kita dalam merancang sebuah desain.

Menu 2: Status bar
Corel
Status bar terletak pada posisi paling bawah jendela Corel Draw, fungsi dari Status bar sendiri adalah untuk menyampaikan informasi dari posisi cursor atau operasi apa saja yang telah kita jalankan.

Menu 3: Standard
Corel
Standard Toolbar berada dibawah Menu bar dimana memiliki beberapa symbol yang dapat langsung kita klik untuk melakukan beberapa proses seperti membuat file baru atau melakukan saving.

Menu 4: Property bar
Corel
Property bar terletak dibawah Standar Toolbar dengan fungsi yang unik dan berubah-ubah mengikuti jenis tools yang kita operasikan.

Menu 5: Toolbox
Corel
Toolbox terletak pada posisi sebelah kiri jendela Corel Draw. Toolbox merupakan menu dengan fungsi yang paling sering kita gunakan dimana memiliki berbagai macam tools yang dapat kita gunakan untuk mengedit, membuat, dan mengatur pola ataupun curva pada lembar kerja.

Menu tambahan
Menu tambahan merupakan menu yang tidak tampil pada jendela Corel Draw yang hanya dapat kita lihat setelah melakukan centang pada Costumize untuk menampilkannya.
Corel
Menu tambahan pada Corel Draw terdiri dari:

  • Zoom - digunakan untuk memperbesar dan memperkecil lembar kerja.
  • Text - digunakan untuk mengedit tulisan atau text.
  • Layout - digunakan untuk melakukan PowerClip atau Masking pada objek.
  • Transform - digunakan untuk mengatur ukuran objek.
  • Macros - digunakan untuk merekam kegiatan dan merubahnya menjadi bahasa pemrograman.
  • Internet - digunakan untuk membuat sebuah link ke internet.
  • Wheel device tool panel - digunakan sebagai Toolbox tambahan.
  • Project timer - digunakan untuk menghitung berapa lama waktu yang kita gunakan untuk membuat suatu project.
Corel