BRI BNI Mandiri | Penyebab Dan Solusi Saldo Tidak Mencukupi

Penyebab Dan Solusi Saldo Tidak Mencukupi BRI, BNI, Mandiri | Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Semoga Sobat sekalian senantiasa diberikan kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Aamiin. Aamiin. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Kartu ATM merupakan media yang di gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui mesin ATM.

Keuntungan dari menggunakan kartu ATM adalah tidak perlu lagi mengunjungi kantor Bank untuk bertransaksi, sebab mesin ATM telah tersedia diberbagai tempat.

Saat ini kartu ATM telah ditingkatkan keamanannya yang semula berbasis Magnetik kini telah berbasis Chip. Sebab kartu ATM berbasis Chip di anggap dapat meminimalisir kejahatan skiming.

Meskipun menawarkan kemudahan dan keamanan, kartu ATM tetap memiliki kekurangan seperti gampang hilang, mudah patah serta mengalami gangguan jaringan.

Terdapat pula beberapa kendala saat pengguna melakukan transfer/tarik tunai, salah satunya adalah Layar ATM BRI, BNI dan Mandiri menampilkan Saldo Tidak Mencukupi padahal kenyataannya saldo ada.

Terkait hal itu, pada kesempatan ini portalilmu.com akan mencoba mengulas tentang penyebab serta solusi mengatasi Saldo ATM BRI, BNI dan Mandiri Tidak Mencukupi.

Ulasan ini dikemas dalam satu tutorial yang di mana penyebab dan solusi terkait Saldo Tidak Mencukupi dari Bank BRI, BNI dan Mandiri adalah penyebab dan solusinya sama.

A. Saldo Dibawah Saldo Minimal

Saldo Tidak Mencukupi

Rata-rata rekening tabungan mensyaratkan saldo mengendap Rp. 50.000. jika saldo anda  tersedia hanya Rp. 90.000, maka anda tidak dapat melakukan penarikan atau transfer, jika anda ingin mencoba menarik/transfer secara otomatis layar ATM menampilkan Saldo Tidak Mencukupi.

Solusi:

Pastikan Saldo anda tersedia (Saldo mengendap + Saldo yang di tarik), Contoh: jika saldo anda tersedia Rp. 120.000, maka anda hanya bisa menarik Rp. 50.000 pada mesin ATM yang nominal penarikannya Rp. 50.000, jangan menarik di Mesin ATM yang nominal penarikannya Rp. 100.000.

Apabila Sobat ragu dengan ketersediaan Saldo rekeningnya, sebaiknya Sobat lakukan pengecekan saldo terlebih dahulu. Cek Saldo dapat dilakukan melalui BRImo, SMS Banking, Internet Banking dan ATM itu sendiri.

B. PIN ATM Lama Tidak Diganti

Apabila saldo telah dipastikan tersedia, selanjutnya adalah mengganti PIN, PIN kartu ATM lazimnya di ganti secara berkala, hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko kejahatan, biasanya jika Sobat tidak pernah mengganti PIN ATM, maka sistem Bank akan blokir secara otomatis saldo rekening anda, efeknya jika adalah layar ATM menampilkan Saldo Tidak Mencukupi, padahal saldo masih ada.

Solusi:

Segera lakukan pergantian PIN ATM dan coba untuk transfer/tarik tunai kembali.

C. Gangguan Jaringan ATM

Jika PIN telah diganti namun tetap tampil Saldo Tidak Mencukupi, kemungkinan penyebabnya adalah jaringan ATM sedang melakukan peningkatan layanan (Gangguan/Offline.

Solusi:

Silahkan lakukan Transfer atau Tarik Tunai di mesin ATM Bank lain, misalnya Sobat menggunakan kartu ATM BRI, maka Sobat mencoba Transfer/tarik Tunai di ATM Bank Mandiri, BNI, BCA dan lainnya.

Silahkan coba Transfer/Tarik Tunai secara berkala, boleh juga Sobat akan mencoba di keesokan harinya.

D. Memiliki Fasilitas Pembiyaan/Pinjaman Online/Asuransi

Memiliki fasilitas pembiayaan/pinjaman online/asuransi yang berstatus menunggak merupakan penyebab Saldo Tidak Mencukupi, beberapa Bank akan blokir saldo tabungan sesuai dengan jumlah tunggakan pinjaman anda. Contoh: Saldo yang tersedia Rp. 5.000.000 dan tunggakan pinjaman Rp. 5.000.000, maka saldo tersebut di blokir otomatis oleh Bank, jika saldo anda kurang dari jumlah tunggakan, maka layar ATM akan menampilkan Saldo Minus.

Solusi:

Segera lunasi tunggakan pembiyaan/pinjaman online/asuransi anda.

E. Terindikasi Transaksi Mencurigakan

Menurut analisa dan penelitian Bank mengindikasikan telah terjadi transaksi yang mencurigakan, atas dasar alasan keamanan, maka bank memblokir saldo anda, sehingga saat anda melakukan Transfer/Tarik Tunai layar ATM menampilkan Saldo Tidak Mencukupi.

Solusi:

Untuk penyelesaian Saldo Tidak Mencukupi yang di sebabkan karena adanya indikasi transaksi yang mencurigakan, anda harus menghubungi Call Center dan atau mengunjungi Bank terkait.

Sebelum menghubungi Call Center atau mengunjungi Kantor Bank terkait, yang harus Sobat siapkan adalah Kartu ATM, Buku Rekening dan KTP untuk memudahkan verifikasi.

Saat verifikasi petugas Bank akan menanyakan anda beberapa seperti: Nama Lengkap, Alamat, Nomor Rekening, Nomor kartu ATM, kantor cabang pembuka rekening dan nama gadis ibu kandung.

Itulah ulasan terkait Penyebab Dan Solusi Saldo Tidak Mencukupi BRI, Mandiri. Jika dalam pembahasan ini belum dapat memberikan solusi. Silahkan hubungi atau kunjungi Kantor Cabang Bank terkait.

Artikel Membantu Lainnya: