7 Cara Mudah Menjadi Agen BSI Smart Bank BSI

BSI Smart merupakan Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif atau yang biasa dikenal dengan istilah Laku Pandai.

Laku Pandai sendiri merupakan terobosan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan landasan hukum peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/POJK.03/2014 dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.03/2015.

Singkatnya BSI Smart adalah Agen laku Pandai BSI yang menyediakan jasa layanan dari Bank Syariah Indonesia untuk melayani masyarakat untuk melakukan transaksi layaknya di Kantor Bank Syariah Indonesia

A. MANFAAT MENJADI AGEN BSI SMART

BSI Smart

Manfaat menjadi Agen BSI Smart adalah agen akan mendapatkan fee dari setiap transaksi yang dilakukan, fee tersebut diperoleh dari Bank BSI.

Jika pihak agen berkehendak untuk membebankan biaya tambahan dari nasabah maka agen Laku Pandai BSI akan memperoleh pendapatan tambahan.

B. PERSYARATAN MENJADI AGEN BSI SMART

Untuk menjadi BSI Smart Agen atau Agen BSI tentu pemohon harus memenuhi persyaratan serta melengkapi dokumen yang dibutuhkan, berikut syarat menjadi Agen Laku Pandai Bank BSI atau Agen BSI Smart:

1. Nasabah Perorangan atau Berbadan hukum

Yang dimaksud dengan nasabah perorangan adalah nasabah yang memiliki tempat usaha seperti apotik, toko kelontong, warung kopi, toko elektronik serta usaha produktif lainnya yang belum memiliki Izin usaha. Sedangkan nasabah berbadan hukum adalah nasabah yang telah memiliki izin usaha yang telah berstatus UD, CV dan PT.

2. Telah Menjadi Nasabah BSI

Yang dimaksud dengan telah menjadi nasabah BSI adalah pemohon BSI Smart Agent telah memiliki rekening di Bank Syariah Indonesia baik itu rekening tabungan baik rekening pembiayaan.

Yang dimaksud rekening tabungan seperti rekening Tabungan BSI Easy Wadiah dan Tabungan BSI Easy Mudharabah. Sedangkan rekening pembiayaan adalah rekening yang dibuka jika memiliki fasilitas pembiayaan seperti Mikro, KUR, Mitra Guna, Pembiayaan pensiun, pembiayaan mobil dan produk pembiayaan lain dari Bank Syariah Indonesia.

3. Belum Menjadi Agen Laku Pandai Dari Bank Syariah/BPRS Lain

Bagi pemohon yang telah menjadi Agen laku Pandai dari Bank Syariah atau BPRS lain tidak bisa mengajukan lagi untuk menjadi Agen BSI Smart.

4. Berjarak Minimal 500 M dari Agen Laku Pandai Lain

Jika kalian ingin mengajukan Agen BSI Smart, pastikan disekitar kalian tidak terdapat agen laku Pandai lain seperti BRI Link, Agen BNI, Agen Mandiri dan lain.

Apabila terdapat Agen laku Pandai, pastikan bahwa jarak Agen lain minimal 500 M dari tempat usaha kalian.

5. Dana Deposit Awal

Kalian harus menyiapkan dana minimal Rp. 1.000.000 sebagai deposit awal.

C. ALUR PROSES MENJADI AGEN BSI SMART

Jika telah memenuhi persyaratan menjadi Agen BSI Smart seperti yang telah dibahas diatas, selanjutnya kalian dapat memanfaatkan diri dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah 1: Datanglah ke Bank BSI terdekat dengan membawa E KTP, NPWP, Buku rekening BSI

Langkah 2: Sampaikanlah ke Satpam BSI bahwa kalian ingin mengajukan permohonan sebagai Agen BSI Smart. Satpam akan mengarahkan kalian untuk bertemu Petugas Bank BSI yang menangani pendaftaran BSI Smart.

Langkah 3: Petugas BSI akan memberikan formulir keagenan untuk kalian isi, isilah formulir tersebut dengan benar, data-data yang kalian isi seperti identitas diri serta nama dan jenis usaha yang kalian jalankan. Dibawah ini contoh gambar formulir pendaftaran Agen BSI Smart.

Agen BSI Smart

Langkah 4: Petugas BSI akan melakukan verifikasi berkas kalian serta melakukan survei ke lokasi usaha kalian.

Langkah 5: Jika telah dinyatakan layak maka kalian akan diregistrasi sebagai Agen BSI Smart.

Langkah 6: Silahkan mengunduh aplikasi BSI Smart Agent, lihat lebih lanjut Cara Download Aplikasi BSI Smart Agent

Langkah 7: Setelah semua registrasi telah dilakukan, terakhir adalah pemasangan Spanduk Agen BSI Smart ditempat usaha kalian.

Selamat kalian telah menjadi Agen Laku Pandai Bank Syariah Indonesia, kini kalian dapat melayani masyarakat untuk bertransaksi layaknya di Cabang Bank Syariah.

Dengan keberadaan kalian sebagai Agen BSI Smart, tentunya memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan keuangan lebih dekat.