Tampil Error Host Tidak Aktif Di ATM BSI | Penyebab & Solusi

Tampil Error Host Tidak Aktif Di ATM BSI | Penyebab & Solusi - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Pembahasan ini mengulas tentang gagal transaksi dengan keterangan error Host Tidak Aktif.

Informasi error Host Tidak Aktif diperoleh dari sharing pengalaman pengunjung bimainstitute.com yang mengalami jenis error ini ketika melakukan transfer menggunakan kartu ATM BRI Syariah pada mesin ATM BSI.

Untuk mencari tahu Penyebab dan Solusi dari error Host Tidak Aktif, admin melakukan eksperimen sebagai berikut:

1. Melakukan Transfer Ke Rekening BSI Menggunakan Kartu ATM BRI Syariah Pada Mesin ATM BSI

BSI

Eksperimen pertama adalah melakukan transfer ke rekening tujuan Bank BSI menggunakan Kartu ATM BRI Syariah pada mesin ATM BSI.

Eksperimen dimulai dari memasukkan kartu ATM BRI Syariah pada ATM BSI, memilih bahasa yang di gunakan, memasukan PIN, memilih jenis transaksi, memasukan kode transfer Bank BSI, memasukkan nominal transfer, memilih jenis rekening, layar ATM BSI menampilkan detail transaksi, mesin ATM BSI loading beberapa menit dan akhirnya menampilkan keterangan error Host Tidak Aktif, kartu ATM BRI Syariah keluar dengan sendirinya.

2. Melakukan Tarik Tunai Menggunakan Kartu ATM BRI Syariah Pada Mesin ATM BSI

Pada eksperimen pertama telah dipastikan bahwa mesin ATM BSI menampilkan error Host Tidak Aktif.

Kemudian dilakukan lagi eksperimen kedua yaitu melakukan Tarik Tunai dengan kartu ATM dan mesin ATM yang sama pada eksperimen pertama.

Eksperimen dimulai dari memasukkan Kartu ATM BRI Syariah pada mesin ATM BSI, memilih bahasa yang digunakan, memasukkan PIN dengan benar, memilih jenis transaksi tarik tunai, memilih nominal penarikan yang diinginkan, memilih jenis rekening, layar ATM BSI menampilkan detail transaksi, mesin ATM BSI loading beberapa menit dan akhirnya menampilkan keterangan error Host Tidak Aktif, kartu ATM BRI Syariah keluar dengan sendirinya.

3. Melakukan Tarik Tunai Menggunakan Kartu ATM Bank BTN Pada Mesin ATM BSI

Eksperimen 1 dan 2 mesin ATM BSI tetap menampilkan error Host Tidak Aktif. Nah, untuk eksperimen ke 3 ini, melakukan tarik tunai menggunakan Kartu ATM Bank BTN pada mesin ATM BSI.

Langkah-langkah eksperimen ke tiga ini sama dengan cara melakukan tarik tunai pada eksperimen kedua yaitu memasukkan Kartu ATM Bank BTN pada mesin ATM BSI, memilih bahasa yang digunakan, memasukkan PIN dengan benar, memilih jenis transaksi tarik tunai, memilih nominal penarikan yang diinginkan, memilih jenis rekening, layar ATM BSI menampilkan detail transaksi, mesin ATM BSI loading beberapa menit dan akhirnya menampilkan keterangan Silakan Ambil Uang dan Struk, Transaksi Berhasil.

Nah, pada eksperimen ketiga transaksi berhasil dilakukan, lalu Apa Penyebab gagalnya transaksi pada eksperimen 1 dan 2?

Penyebab:

Pada eksperimen di atas dapat disimpulkan bahwa Jaringan Kartu ATM Bri Syariah lah penyebab error Host Tidak Aktif, sedangkan Mesin ATM BSI baik-baik saja, hal ini dibuktikan pada eksperimen ke 3 mesin ATM beroperasi normal, transaksi tarik tunaipun berhasil dilakukan.

Kemungkinan penyebab jaringan Kartu ATM BRI Syariah adalah adanya perbaikan layanan dan proses merger ke Bank BSI, biasanya gangguan jaringan seperti ini tidak berlangsung lama.

Solusi:

Karena penyebab dari error Host Tidak Aktif merupakan gangguan jaringan kartu ATM Bri Syariah maka solusinya adalah melakukan transaksi secara berkala, admin melakukan eksperimen kembali dengan melakukan penarikan tunai keesokan harinya dan Akhirnya Berhasil. 

Itulah ulasan mengenai penyebab dan solusi dari error Host Tidak Aktif yang tampil pada layar ATM BSI ketika melakukan transaksi menggunakan kartu ATM BSI, semoga ulasan ini bermanfaat.

Artikel Membantu Lainnya: