Perbedaan BI Fast dan Transfer Online Pada BSI Mobile

BSI Mobile merupakan layanan elektronik dari Bank Syariah Indonesia berbasis aplikasi.

Transaksi yang umumkan dilakukan dengan BSI Mobile adalah transfer sesama rekening Bank BSI dan ke rekening Bank lain.

Terkhusus untuk transfer antar Bank atau ke rekening Bank lain terdapat tiga pilihan metode transfer yaitu Metode Transfer Online, Metode Transfer SKN dan BI Fast.

Untuk Metode Transfer Online dan SKN ada dalam menu Transfer Ke Bank Lain sedangkan BI Fast memiliki menu tersendiri.

Meskipun berada pada menu yang berbeda, Menu Transfer Ke Bank Lain dan Menu BI Fast sama-sama digunakan untuk Transfer Antar Bank.

Sebagai mana telah disebutkan di atas bahwa dalam menu Transfer Ke Bank Lain terdapat Metode Transfer Online dan Transfer SKN.

Perbedaan yang mendasar dari Metode Transfer Online dan Transfer SKN adalah terletak dari segi Biaya dan Lama pengirimannya.

Biaya transfer dengan Metode Transfer Online lebih mahal dibandingkan dengan Metode Transfer SKN.

Transfer dengan Metode Transfer Online lebih cepat dibandingkan dengan metode Transfer SKN, lihat lebih lanjut Perbedaan Metode Transfer Online Dan SKN Pada BSI Mobile.

BI Fast

Kembali ke pembahasan perbedaan transfer BI Fast dengan Metode Transfer Online.

Metode Transfer Online telah lama tersedia di aplikasi BSI Mobile, sedangkan Metode Transfer BI Fast baru tersedia di tahun 2021-2022.

Metode Transfer BI Fast hadir untuk menjawab keluhan dari masyarakat terkait dengan biaya transfer online yang mahal.

Selain murah transfer BI Fast tidak kalah cepat dengan Metode Transfer Online dari segi waktu pengiriman, dana yang di transfer akan sampai saat itu juga.

Perbedaan yang mendasar dari Transfer BI Fast dan Transfer Online hanya dari segi biaya transfer.

Biaya transfer BI Fast lebih murah dari pada biaya Metode Transfer Online, Biaya Transfer BI Fast Rp. 2.500 sedangkan Biaya Transfer Online Rp. 6.500.

Justru yang banyak terlihat dari kedua metode transfer ini adalah kesamaan dari segi fungsi yaitu sama-sama digunakan untuk Transfer Antar Bank.

Dari segi waktu pengiriman juga sama, dana yang dikirim sama-sama sampai direkening tujuan secara real time artinya dana yang dikirim akan sampai dalam hitungan menit.

Semenjak di integrasikan ke Mobile Banking BSI Mobile metode Transfer BI Fast cukup diminati oleh pengguna karena bisa diakses 24 Jam.

Admin Bima Institute pun lebih sering menggunakan BI Fast untuk transfer antar Bank, selama menggunakan transfer BI Fast belum mengalami gagal transfer.

Jikapun terjadi transfer BI Fast tidak masuk ke rekening tujuan, telah tersedia menu Status Transaksi BI Fast, dengan ini pengguna dapat melacak status transferannya. Sehingga meminimalisir kekhawatiran pengguna terkait dana yang dikirim.

Tersedia juga menu Informasi/Maintenance sehingga pengguna dapat mengetahui Error BI Fast sebelum melakukan Transfer, hal ini cukup membantu pengguna untuk mengantisipasi untuk memilih metode transfer lain.

Itulah perbedaan antara transfer BI Fast dan Metode Transfer yang perlu kalian ketahui.

Nah bagi kalian yang ingin mengetahui cara menggunakan BI Fast di BSI Mobile, Bima Institute telah membuat tutorial tentang: