17 Tahap Cara Mendapatkan Uang Dari Google Untuk Bloggers Pemula


17 Tahap Cara Mendapatkan Uang Dari Google Untuk Bloggers Pemula | Google merupakan perusahaan multinasional yang berasal dari negara Amerika serikat yang bergerak di bidang jasa dan produk internet.

Selain dikenal sebagai mesin pencari ternyata google dapat dimanfaat untuk mendapatkan uang melalui jasa penawaran iklan yang biasa di kenal dengan Google Adsense.

Google Adsense menawarkan iklan kepada pemilik Blog yang telah memenuhi kebijakan program Google Adsense.
Cara Mendapatkan Uang Dari Google
Apabila sebuah Blog telah memenuhi syarat kebijakan program Google Adsense, secara otomatis Blog tersebut dapat menanyangkan iklan, dengan begitu seorang Blogger dapat menghasilkan uang dari pembagian keuntungan untuk iklan yang di klik oleh setiap visitor atau pengunjung Blog.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Google?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari Google, salah satu nya adalah memiliki sebuah blog, Blog yang di maksud harus di kelolah dengan teknik-teknik  tertentu agar dapat menanyangkan iklan dari google.

Pada tulisan ini akan mengupas secara tuntas bagaimana cara mendapatkan uang dari Google, mulai dari Awal hingga Akhirnya Mendapatkan Uang Dari Google.

Tahap 1: Siapkan Perangkat Pendukung
Untuk menjadi seorang blogger, tentu harus membutuhkan perangkat atau tools pendukung dalam membuat blog, tools yang di perlukan seperti, Laptop / Notebook / Komputer, HP / Smartphone Android atau iPhone serta Jaringan internet Wi-Fi atau Paket Data.

Baca Selengkapnya | 3 Jenis Perangkat Pendukung Untuk Membuat Blog

Tahap 2: Tentukan Judul Blog
Perangkat pendukung telah tersedia, selanjutnya adalah penentuan judul blog, pertimbangkan terlebih dahulu judul nya, mulai dari filosofi serta keterkaitan nya dengan Nice blog kita.
Tahap 3: Tentukan Nice Blog
Judul blog telah di tentukan dan telah di pertimbangkan dengan matang, judul blog sangat berpengaruh terhadap komitmen kita dalam membangun sebuah blog.
Selanjutnya adalah penentuan nice Blog, setidaknya nice adalah pengejawantahan dari judul, sehingga antara judul dan nice ada keterkaitan nya dan pilihlah nice yang sesuai dengan ke ahlian maupun kegiatan kita sehari-hari agar kita mudah dalam menyusun kata demi kata sehingga menjadi sebuah artikel yang terstruktur serta mudah di pahami oleh pengunjung.

Tahap 4: Membuat Akun Gmail
Sebelum membuat blog, terlebih dahulu kita membuat akun Gmail, tanpa akun Gmail kita  tidak bisa memulainya, namun apabila kita telah memiliki akun Gmail kita bisa melewati langkah ini.

Tahap 5: Membuat Blog
Untuk membuat blog anda bisa memanfaatkan platform Blogger dan WordPress, namun keduanya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada pembahasan ini fokus untuk membahas platform Blogger.

Tahap 6: Setting Domain
Umumnya penggunaan Domain terbagi 2 yaitu Top Level Domain dan Subdomain, Subdomain adalah domain bawaan dari platform blogger (blogspot.com) dan dari platform WordPress (WordPress.com). Sedangkan.

Top Level Domain adalah domain yang di beli dari penyedia domain seperti Rumah Web, Dewa Web, Niaghoster, DomaiNesia dan banyak lagi penyedia domain lainnya.

Dengan membeli Domain, blog kita terlihat lebih profesional dan mudah mendapatkan pengunjung.

Apabila kita telah membeli domain, maka Subdomain (BimaInstitut.blogspot.com) akan berubah menjadi (BimaInstitut.com).

Tahap 7 : Edit Template
Lakukan pengeditan template agar blog kita SEO friendly, cepat di akses dan mudah untuk menempatkan iklan.
Cara pengeditan nya cukup mudah, kita tinggal menambah maupun menghapus sesuai tata letak yang anda inginkan.

Tahap 8: Setting Blog
Setting blog bertujuan untuk membuat blog anda SEO friendly, cara setting nya cukup mudah, kita hanya sedikit menambah maupun merubah yang telah tersedia bagian 'setting' blog.

Hal-hal yang anda lakukan seperti, merubah maupun menambah deskrip, bahasa, meta tag, kolom komentar dan lain sebagainya.

Tahap 9: Buat About, Contact, Privacy dan Disclaimer
About, Contact, Privacy dan Disclaimer sangat penting di pasang di blog, sebagai penanda bahwa blog kita benar-benar terverifikasi dan layak di tayangkan di halaman google.
Apabila sebuah blog tidak terpasang About, Contact, Privacy dan Disclaimer maka blog kita di anggap sesuatu yang ilegal dan tidak layak menayangkan iklan dari google Adsense.

Tahap 10: Riset Keyword
Riset keyword adalah cara yang wajib di lakukan oleh para blogger untuk menentukan sebuah judul artikel, tanpa judul yang tepat artikel anda sia-sia dan tidak mendatangkan visitor yang lebih banyak.

Tahap 11: Buat Artikel SEO
Artikel yang kita posting di blog harus artikel asli bukan hasil copy paste dari artikel orang lain, struktur penulisan nya juga harus jelas, layaknya kita menulis sebuah buku.

Tahap 12: Posting Artikel
Lakukan postingan artikel sesuai teknik SEO seperti, memberikan label, memasukkan deskripsi dan melakukan penjadwalan postingan.

Tahap 13: Posting Gambar
Gambar yang di posting di blog, mesti nya  gambar hasil kreasi kita sendiri, apabila kita tidak memiliki nya anda boleh mendownload di situs yang menyediakan gambar gratis, jangan pernah mendownload gambar dari google tanpa seijin pemilik gambar, kita bisa di tuntut atas dasar pelanggaran hak cipta.

Tahap 14: Membuat Internal Link
Intenal link bertujuan untuk membuat pengunjug tetap berselancar di blog kita, umumnya setelah membaca artikel utama pengunjung dapat mengklik internal link untuk membaca artikel lain.

Tahap 15: Daftar Di Webmaster Tool
Webmaster tool kini telah berubah nama menjadi Google Search Console,  Google Search Console merupakan layanan gratis dari Google yang di sediakan khusus untuk para blogger untuk mendaftarkan alamat blognya.

Tahap 16:  Submit Artikel Di Webmaster Tool
Setiap artikel yang kita posting, wajib di submit agar artikel kita terindeks oleh google. Tujuannya agar artikel kita dapat tampil di halaman utama google dan menempati urutan pertama.

Tahap 17: Daftar Google Adsense
Langkah demi langkah kita telah lewati, selanjutnya mendaftarkan blog kita di google Adsense, langkah 16 ini baru di lakukan setelah blog kita telah memenuhi syarat dan tidak melanggar kebijakan program google adsense, cara mendaftar nya pun cukup mudah dilakukan.

Itulah tahap-tahap yang harus dilakukan untuk membangun sebuah blog, ikuti tahap demi tahap, sampai blog kita di terima oleh google Adsense.