4 Cara Mudah Menentukan Judul Blog Dengan Mudah


4 Cara Mudah Menentukan Judul Blog Mudah | Sebelum memutuskan untuk membuat blog, sebaiknya sahabat terlebih dahulu menentukan judul, sebab judul adalah brand blog yang kita bangun.

Judul yang di maksud di sini adalah nama blog, bukan judul dari artikel, contoh: Portalilmu.com.

Tentu kita menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk menentukan nama yang cocok, begitupun juga saya dulu waktu pertama kali menentukan nama blog dan  baru mengenal dunia blog.
Judul blog
Cukup saya yang mengalami hal demikian, saya tidak ingin hal serupa di alami oleh sahabat sekalian, penyebab lamanya menentukan nama blog adalah karena kurang pengetahuan saya tentang cara menentukan nama blog yang benar. Perhatikan ulasan di bawah ini agar sahabat mudah memahami nya.

#1 Tentukan Tujuan
Bertanya lah pada diri kita sendiri, apa sih sebenar tujuan kita untuk membuat blog, apakah sekedar menyalurkan hobi, agar terlihat profesional, terlihat cerdas barang kali, ingin berbagi ilmu atau pengalaman bahkan untuk mendapatkan gaji dari Google Adsense.

Saran saya untuk sahabat yang masih pemula, abaikan dulu bayang-bayang mendapatkan gaji dari Google, fokus pada poin berbagai ilmu dan pengalaman, sehingga ilmu yang kita miliki tidak hanya di konsumsi oleh kita sendiri, jadi kan ilmu dan pengalaman kita bermanfaat untuk orang lain dengan cara membuat konten di blog. Niatlah untuk berbagi kebaikan maka kita mudah menentukan judul blog.

#2 Pahami Ke Ahlian
Memiliki tujuan yang baik yang di barengi dengan ke ahlian adalah langkah awal yang baik untuk membangun sebuah blog, ukurlah kemampuan Sahabat untuk membuat konten  yang unik, maka kita akan mudah menentukan judul blog.

#3 Sesuaikan Dengan Profesi
Tujuan berbagi kebaikan sesuai dengan ke ahlian serta profesi yang di tekuni sehari-hari, lengkap lah sudah dasar kita untuk menentukan judul blog. Perhatikan contoh profesi di bawah ini.

Apakah Sahabat seorang dokter, bidan, perawat dan apoteker? Maka judul blog Sahabat harus berkaitan dengan kesehatan, contoh (aladokter.com).

Apakah Sahabat seorang teknisi HP? Maka judul blog  harus berkaitan dengan service, Contoh (Service.id)

Apakah Sahabat seorang dosen yang mengajar beberapa mata kuliah, maka judul blog Sahabat harus sesuai dengan mata kuliah yang Sahabat ajarkan bisa juga berbentuk umum, contoh (Ragamilmu.id).

Apakah Sahabat seorang pegawai Bank, maka judul anda harus berkaitan dengan perbankan, contoh (Ilmubank.com)
Apakah Sahabat seorang yang suka jalan-jalan, maka blog Sahabat harus harus berkaitan dengan traveler, bisa juga menggunakan nama Sahabat sendiri, contoh (Fhaii.com).

Apakah Sahabat seorang yang suka memasak, maka blog anda harus berkaitan dengan masakan, contoh (resepdapur.com).

Apakah Sahabat seorang guru matematika, maka judul blog Sahabat harus berbau hitungan, contoh (hitung.id).

Apakah Sahabat seorang petani , maka blog Sahabat harus berbau tani, contoh (bertani.com).

Sampai disini, masih belum paham? Perhatikan contoh di bawah ini, saya akan mengulasnya dalam bentuk cerita.

Fhaii adalah seseorang mahasiswa di salah satu kampus ternama, Fhaii mengambil Jurusan Teknik Komputer, Fhaii memiliki ke ahlian memperbaiki komputer, di sela-sela jam perkuliahannya, Fhai bekerja sebagai seorang teknisi di tempat service Komputer milik ayahnya teman sekampus nya.

Dari cerita di atas dapat dengan mudah kita menentukan judul blog, sahabat juga telah memiliki gambarannya, kira-kira seperti apa judul blognya Si Fhaii?.

Fhaii mengambil jurusan teknik komputer (Judul Blog berkaitan dengan teknologi)
Fhaii bekerja di tempat service komputer milik ayah teman sekampus nya (Konten blog membahas tentang cara memperbaiki komputer)
judul Blog Si Fhaii adalah (Tecnosia.id)

#4 Tentukan Domain
Setelah memahami cara menentukan judul blog, selanjutnya adalah menentukan domain blog, untuk pemula upaya kan domain blog Sahabat gampang di sebut dan telah di kenal oleh masyarakat umum, seperti domain, com, net, id, info.

Itulah 4 Cara Mudah Menentukan Judul Blog yang bisa Sahabat coba, apabila Sahabat tidak menginginkan judul lain, Sahabat boleh menggunakan nama Sahabat sendiri sebagai judul blog nya.