Cara Memilih Nama Alamat Blog Pribadi Keren

Memilih nama alamat blog pribadi yang keren merupakan tantangan awal bagi Blogger pemula, sebab nama blog adalah hal yang terpenting untuk keberhasilan blog kedepannya.

Nama alamat blog mengandung brand dari blog tersebut sehingga perlu di tentukan nama alamat blog yang menarik.

Nama alamat blog pribadi yang menarik harus sesuai dengan isi dari blog, sehingga meyakinkan pembaca bahwa artikel yang di bahas pada blog tersebut adalah sesuatu hal yang dapat dipercaya serta dapat menjawab apa yang di cari oleh pembaca.

Selain nama alamat blog, yang perlu di perhatikan adalah nama domain dari Blog, tentu nama domain yang bagus, jika di sebut akan terasa nyambung dengan nama alamat Blog.

Di bawa ini adalah beberapa contoh nama alamat dan domain blog yang keren, yang dimana nama dan isinya saling berkaitan:

Blog Perbankan

Anda saat ini bekerja di suatu Bank, segala sesuatu yang anda pahami tentang Bank, anda ingin tuangkan dalam bentuk tulisan, yang harus anda lakukan adalah mencari nama Blog yang berkaitan dengan perbankan contoh, JurnalBank.com, KabarBank.com, Infobank.com, TipsBank.id.

Blog Teknologi

Anda adalah seorang teknisi komputer, hp dan alat-alat elektronik lainnya, anda dapat mencari nama blog yang berkaitan dengan servis seperti, DokterHP.id, DuniaHp.com.

Blog Otomotif

Anda adalah seorang montir, gejala dan tips memperbaiki kendaraan ingin anda tuangkan dalam blog, nama blog yang bagus untuk anda adalah montir.com, doktermotor.com.

Blog Wisata

Sebagian orang gemar sekali mengunjungi tempat wisata dalam dan luar negeri, dari rangkaian perjalanan yang ia lewati, ia ingin ceritakan ke orang lain melalui tulisan, nama blog pribadi yang bagus untuk anda seperti, infowisata.com, wisatakeren.com, keliling.id, traveling.id.

Blog Berita

Punya keahlian dalam dunia jurnalistik adalah sesuatu yang membagakan, anda dapat membuat blog pribadi dan anda sendiri sebagai kontributornya, nama blog yang cocok untuk Anda seperti, kabarrakyat.com, infopagi.com.

Blog Hukum

Profesi pengacara adalah profesi yang keren di Indonesia, lebih keren lagi bila anda mampu membagikan ilmu melalui tulisan, contoh nama blog yang berkaitan dengan hukum seperti, lawyer.id, infohukum.com.

Blog nama pribadi

Blog nama pribadi cocoknya untuk blog gado-gado, istilah lain dari blog gado-gado adalah blog yang membahas beragam konten, saat ini blog yang membahas beragam jenis konten susah tayang di halaman pertama google, karena algoritma google menginginkan blog yang fokus membahas satu jenis konten saja, contoh nama blog dengan nama pribadi seperti, arif.id, yani.id, uyun.id.

Beberapa contoh nama blog di atas hanya sebagai gambaran awal bagi anda yang mencari nama blog pribadi yang keren, karena nama blog tidak mungkin di rubah sewaktu-waktu, itupun kalau di rubah adalah nama domainnya saja. Jika pun di rubah akan berdampak buruk pada blog.

Berikut dampak buruk bila anda merubah nama domain blog di antaranya:

Internal link tidak berfungsi lagi, untuk memperbaikinya, anda harus menghapus terlebih dahulu lalu memasangnya kembali, bisa di bayangkan betapa banyaknya waktu anda terbuang untuk memperbaiki ribuan interna link di blog anda.
Anda harus mendaftar ulang di webmaster tools.
Anda harus mengaitkan ulang dengan Google Adsense.
Blog anda akan hilang di halaman pertama google.
Visitor blog anda turun dan lebi ngerinya lagi pendapatan Adsense anda akan turun drastis.

Walaupun anda sudah menemukan nama alamat blog yang bagus, belum tentu nama blog yang di inginkan masih tersedia, baik itu di platform blogger maupun platform penyedia jasa domain, berikut cara mengecek  ketersediaan nama alamat blog:

Lakukan pencarian di Google, untuk memastikan nama blog yang anda pilih, apakah sudah ada yang gunakan atau belum, Contoh JurnalBank, ternyata nama JurnalBank sudah ada yang gunakan dengan domain JurnalBank.com, sementara nama dengan domain lain belum ada gunakan.

Blog

Selanjutnya, lakukan pengecekan ketersediaan domain dengan mengakses website penyedia jasa domain, yang sering penulis gunakan adalah rumahweb.com/domain.
Masukkan nama domain yang ingin di cek di kolom pencarian rumah web.
Akan keluar hasil seperti gambar dibawah ini.

Blog keren

Nama JurnalBank.com sudah ada yang gunakan, untuk nama JurnalBank dengan domain lain masih tersedia.

Setelah itu anda melakukan pengecekan ketersediaan nama blog yang anda inginkan di platform blogger.
Login di blogger.com. ikuti langkah-langkah sesuai perintah dari blogger.
Alamat blog dengan nama JurnalBank tidak tersedia.

Blog bagus

Anda bisa memasukkan nama lain seperti JurnalBanking, nama JurnalBanking masih tersedia.

Blog menarik

Baiknya, Sobat mencari nama alamat blog yang keren tapi domainnya belum ada satupun digunakan oleh orang lain.