3 Cara Mengatasi Chip Kartu ATM BSI Tidak Terdeteksi

Bagi kalian yang telah membuka Tabungan di Bank Syariah Indonesia tentu dilengkapi dengan fasilitas kartu ATM, yang dimana jenis kartu tergantung dari jenis rekening yang kalian pilih.

Misalkan kalian membuka rekening BSI Easy Wadiah/BSI Easy Mudharabah makan kalian akan mendapatkan kartu ATM BSI GPN Chip dan apabila kalian membuka rekening haji maka kalian akan mendapat Kartu ATM BSI Visa Chip, yang dimana Kartu ATM BSI GPN Chip dan Visa Chip masing-masing memiliki jenis, limit dan biaya admin yang berbeda-beda.

Dengan kartu ATM BSI kalian dapat melakukan TARIK TUNAI dan SETOR TUNAI serta transaksi lain di seluruh mesin ATM Bank Syariah Indonesia.

Namun ada kalanya Kartu ATM BSI tidak dapat digunakan, salah satunya adalah Chip/pita magnetik Kartu ATM BSI tidak terdeteksi saat melakukan transaksi baik itu transaksi Cek Saldo, Transfer, Tarik Tunai, Pembelian dan Pembayaran serta transaksi non finansial lainnya seperti GANTI PIN dan Registrasi BSI Mobile.

Kartu ATM BSI dengan gejala Chip tidak terdeteksi umumnya pada layar Mesin ATM BSI menampilkan informasi 'Your Card Cannot Be Used On This ATM' hal ini disebabkan dengan 2 faktor yaitu Chip Kartu ATM BSI Kotor dan Chip Kartu ATM BSI Rusak.

ATM BSI

Kedua penyebab tersebut di atasi dengan cara yang berbeda-beda agar kalian dapat dengan mudah memahaminya.

1. CARA MENGATASI CHIP KARTU ATM BSI KOTOR

  • Siapkan kapas halus yang biasa digunakan untuk pembersih wajah.
  • Siapkan cairan pembersih elektronik (Thinner), thinner umum digunakan untuk membersihkan papan Motherboard Hp, Laptop, Komputer serta barang elektronik lainnya, Thinner dapat dengan mudah dibeli di toko yang menjual alat-alat elektronik, karena yang dibutuhkan untuk membersihkan Chip ATM hanya sedikit kalian dapat meminta di tempat Service Hp.
  • Tumpahkan cairan Thinner secukupnya pada kapas halus, lalu gosok pelan-pelan pada area chip, Chip akan terlihat bersih dan mengkilap.

Tidak disarankan untuk menggosok area lain selain Chip karena akan merusak bagian lain Kartu ATM BSI, sesuai eksperimen yang telah dilakukan cara ini ampuh untuk mengatasi Chip Kartu ATM yang kotor.

Apabila cara diatas tidak berhasil maka chip kartu ATM telah rusak, silahkan periksa chip kartu ATM kalian biasanya akan terlihat Chip tergores atau terkelupas.

Lalu bagaimana jika Chip ATM BSI tidak ada goresan atau tanda-tanda yang menandakan bahwa Chip rusak?

Hal yang pertama kalian lakukan adalah melakukan pengecekan status kartu ATM BSI dengan cara menghubungi Call Center BSI 14040 atau mengunjungi langsung cabang Bank Syariah Indonesia terdekat. Bagi yang belum paham tentang langkah-langkanya kalian dapat  mengikuti panduan di bawah ini:

2. CARA CEK STATUS KARTU ATM BSI VIA CALL CENTER BSI 14040

Cara ini dilakukan apabila pada chip tidak terlihat tanda-tanda kerusakan, sehingga untuk memastikan kalian harus mengecek statusnya terlebih dahulu. Jika dalam pengecekan dinyatakan bahwa chip nya rusak maka kalian harus melakukan pergantian kartu di cabang Bank BSI. Pengecekan juga dapat dilakukan di Cabang Bank Syariah Indonesia.

3. CARA GANTI KARTU ATM BSI CHIP RUSAK

Apabila Chip kartu ATM BSI telah di pastikan rusak, maka yang harus kalian lakukan adalah mengganti dengan cara mengunjungi Cabang Bank Syariah Indonesia terdekat dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mengunjungi Cabang Bank BSI terdekat dengan membawa persyaratan di antaranya pergantian kartu ATM BSI Chip rusak, Buku Tabungan, E KTP dan biaya pergantian kartu.
  • Bertemulah dengan Securty Bank BSI, maka Securty akan mengarahkan kalian untuk mengambil nomor Antrian Costumer Service.
  • Jika nomor antrian telah mendapatkan giliran, silahkan bertemu dengan Costumer Service dan sampaikan bahwa tujuan kalian untuk mengganti kartu ATM rusak serta serahkan persyaratan yang di butuhkan.
  • Costumer servis akan melakukan verifikasi data diri serta pengecekan status kartu ATM kalian.
  • Jika dinyatakan rusak, maka Costumer Service akan menerbitkan kartu ATM baru.
  • Serahkan biaya pergantian kartu ATM BSI sebesar Rp 25.000.
  • Setelah itu kalian akan mendapatkan kartu ATM BSI baru dengan PIN yang baru.
  • Silahkan lakukan pergantian PIN yang di inginkan, kalian juga dapat membuat PIN yang sama dengan PIN kartu ATM yang rusak.

Demikianlah cara mengatasi kartu ATM BSI chip tidak terdeteksi, sebagai kesimpulan umumnya kerusakan ini disebabkan karena Chip ATM kotor dan tergores, jika bentuk kerusakan Chip tidak terlihat, kalian dapat melakukan pengecekan status ATM terlebih dahulu melalui Call Center BSI atau mengunjungi langsung Cabang Bank BSI.

Sebagai informasi tambahan jika layar Mesin ATM BSI menampilkan informasi 'Your Card Cannot Be Used On This ATM' maka penyebab lainnya adalah pita Magnetik ATM BSI tidak terbaca dikarenakan pita magnetik terkelupas maupun tergores.