Trik Menggunakan Bezier Tool Pada Corel Draw


Trik Menggunakan Bezier Tool Pada Corel Draw | Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh, berbicara tentang Corel Draw merupakan aplikasi yang sering kita gunakan untuk mendesain berbagai macam pola dalam bentuk vektor.

Berbeda dengan foto yang sering kita jumpai dalam bentuk bitmap, vektor merupakan sebuah gambar digital yang terbentuk dari titik dan garis sehingga menghasilkan sebuah objek. terdapat berbagai macam tool dan fitur yang kita bisa gunakan untuk membuat desain vektor di corel Salah satu tools yang paling sering kita gunakan adalah "Bezier tool".


Corel

"Bezier tool" merupakan sebuah tool dari banyaknya tool yang bisa kita gunakan pada Corel Draw untuk membuat sebuah pola dalam bentuk vektor tentunya. Pola yang dapat kita buat dengan menggunakan "Bezier tool" adalah pola vektor tertutup dan pola vektor terbuka, pola vektor tertutup adalah pola dalam bentuk vektor yang titik awal dan akhirnya menjadi satu kesatuan dan dapat di beri fill warna dan pola vektor terbuka merupakan pola dalam bentuk vektor berupa garis yang titik awal dan akhirnya terpisah dan tidak dapat diberi fill warna kecuali untuk garis pinggirnya saja.

Seperti judul diatas, kita akan membahas bagaimana menggunakan "Bezier tool", jangan lupa sediakan kopi biar tetap fokus :)
Setelah masuk ke aplikasi Corel Draw, "Bezier tool" bisa kita temukan pada menu "Toolbox" di sebelah kiri jendela Corel Draw.

Corel

Untuk memilih "Bezier tool", klik terlebih dahulu pada "Freehand tool" kemudian tahan sejenak.
Corel
Setelah muncul beberapa menu tools, arahkan cursor ke "Bezier tool" dan lepas.
Corel
Terdapat 3 trik menggunakan "Bezier tool".
Trik 1: Membuat garis lurus dengan sudut lurus.

Trik ini merupakan trik dasar dalam menggunakan "bezier tool". Untuk membuat sebuah garis hanya perlu mengklik tiap sudut seperti pada gambar berikut.
Corel
Trik 2: Membuat garis lurus dengan sudut melengkung.

Pada trik ini setelah mengklik titik awal, untuk titik selanjutnya klik dan drag mouse untuk membuat lengkungan dan begitu pun untuk membuat sudut berikutnya.
Corel
Trik 3: Membuat garis melengkung dengan sudut lancip.

Untuk membuat garis melengkung setelah mengklik untuk titik awal, klik dan drag di sudut kedua sampai garis melengkung. setelah garis melengkung lakukan double klik di sudut kedua sampai terlihat garis putih di tengah garis.
Corel

Untuk membuat garis selanjutnya klik sudut berikutnya dan drag untuk membuat garis lengkung begitupun seterusnya.
Corel

Itulah tadi beberapa trik menggunakan "Bezier tool" selamat mencoba :)