8 Penyebab ATM BNI Tidak Dapat Digunakan: Biaya & Cara Mengatasinya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Setiap kalian yang telah membuka tabungan Bank BNI, pastinya di berikan fasilitas kartu ATM.

Dengan kartu ATM BNI tentunya memudahkan kalian untuk melakukan transaksi apa saja di seluruh jaringan ATM Bank BNI dan ATM Bank lain.

Namun terkadang ATM BNI tidak dapat digunakan dengan beberapa penyebab, oleh karena itu Bima Institute mencoba merangkumnya sebagai berikut:

1. REKENING BNI PASIF/DORMANT

BNI

Rekening BNI pasif atau dormant merupakan penyebab ATM BNI tidak dapat digunakan, rekening BNI pasif atau dormant terjadi karena tidak ada transaksi selama 6 bulan terakhir namun saldo masih tersedia di rekening.

Walaupun saldo tersedia, rekening pasif tidak dapat digunakan untuk semua jenis transaksi, efeknya kartu ATM BNI tidak bisa tarik tunai dan transfer.

Biasanya layar ATM BNI menampilkan informasi error 'Transaksi Anda DI Tolak', jika kalian menemukan informasi error ini, jangan panik, kalian dapat mengatasinya dengan cara melakukan transfer sejumlah dana dari rekening lain ke rekening BNI yang pasif baik melalui Mobile Banking atau ATM Bank lain atau bisa juga kalian menyetor langsung melalui Teller Bank BNI terdekat.

2. REKENING BNI TIDAK AKTIF

Rekening BNI tidak Aktif disebabkan karena rekening tidak pernah dilakukan transaksi selama 6 bulan terakhir dan saldo dibawah minimum atau telah habis.

Jika rekening BNI telah berstatus tidak aktif, maka inilah salah satu penyebab kartu ATM BNI tidak dapat digunakan, baik itu untuk melakukan penarikan tunai, transfer, cek saldo dan transaksi lainnya.

Agar rekening BNI kembali aktif, silahkan mengunjungi kantor Bank BNI dengan membawa kartu ATM, Buku Rekening E KTP dan sejumlah uang untuk di setor.

3. KARTU ATM BNI KADALUARSA

Kartu ATM BNI memiliki masa aktif hanya sampai 5 tahun, untuk mengetahui masa aktif kartu ATM BNI kalian dapat melihat langsung di fisik kartu ATM.

Nah jika kartu ATM BNI kalian sudah kadaluarsa, maka ATM BNI tidak dapat melakukan transaksi, biasanya pada layar mesin ATM BNI menampilkan informasi error 'Penyalahgunaan Kartu Harap Ambil Kartu Anda'.

Apabila kalian menemukan error ini, harap tenang, cara mengatasinya gampang, cukup mengunjungi Bank BNI penerbit kartu dengan membawa kartu ATM BNI kadaluarsa, Buku Rekening E KTP dan dana biaya pergantian kartu ATM BNI kadaluarsa sekitar Rp. 15.000. tidak dikenakan biaya pergantian jika kalian mengganti kartu ATM BNI sebelum kadaluarsa.

4. KARTU ATM BNI TERBLOKIR

Penyebab ATM BNI terblokir karena karena 3 faktor di antaranya: Salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut, Pengguna melaporkan ke pihak BNI untuk diblokir karena kartu ATM hilang dan di blokir otomatis oleh Bank BNI karena terindikasi transaksi yang mencurigakan.

Nah, jika status kartu ATM BNI kalian terblokir, otomatis kartu ATM kalian tidak bisa digunakan dengan keterangan Error ATM BNI transaksi tidak dapat diproses dan terkadang kartu ATM keluar sendiri, sehingga ATM BNI tidak bisa tarik tunai, ATM BNI tidak bisa cek saldo, dan bahkan ATM BNI tidak dapat diproses transaksi apapun.

Untuk mengatasi kartu ATM terblokir kalian harus mengunjungi Kantor Bank BNI untuk melakukan pergantian kartu ATM BNI dengan membawa Surat Keterangan hilang jika kartu ATM BNI terblokir karena hilang, membawa Buku rekening, E KTP dan biaya pergantian kartu ATM terblokir Rp. 15.000.

5. KARTU ATM BNI RUSAK

Kartu ATM rusak disebabkan karena patah, pita magnetik tergores atau terkelupas, dan kartu ATM bengkok, sedangkan untuk kartu ATM berbasis Chip biasanya chip tergores.

Apabila kartu ATM BNI kondisinya seperti diatas maka kartu ATM BNI tidak dapat digunakan, biasa layar ATM menampilkan keterangan error 'Transaksi Anda Di Tolak' untuk kartu ATM BNI berbasis Magnetik dan untuk kartu ATM BNI berbasis Chip layar ATM menampilkan keterangan error 'Transaksi Gagal Chip Kartu Tidak Terdeteksi' dan secara otomatis kartu ATM keluar dengan sendirinya.

Nah untuk mengatasi kartu ATM BNI rusak, kalian harus mengunjungi Kantor Bank BNI dengan membawa kartu ATM rusak, buku tabungan, E KTP dan biaya pergantian kartu ATM Rp. 15.000.

6. ATM BNI MINTA INPUT TANGGAL LAHIR

Saat melakukan transaksi baik itu, tarik tunai, transfer, cek saldo layar ATM malah menempilkan keterangan Error 'Transaksi Gagal Lakukan Pergantian PIN Sebelum Melanjutkan' yang diikuti dengan perintah 'Silahkan Input Tanggal Lahir' dengan format 'DDMMYYYY' yang berarti 'Hari Bulan Tahun' (Contoh:01021989).

Harap masukkan tanggal lahir dengan benar dan sesuai dengan yang tercatat di sistem Bank pada saat awal pembukaan rekening Bank BNI, apabila salah maka  kartu ATM kalian tidak bisa gunakan untuk bertransaksi.

Penyebab ATM BNI minta tanggal lahir adalah karena kalian telah lama tidak melakukan pergantian PIN, demi keamanan bertransaksi disarankan agar kalian melakukan pergantian PIN secara berkala.

Jika kalian menemukan Error ini, jangan panik. Silahkan tekan tombol 'Tekan Untuk Melanjutkan' lalu layar ATM meminta untuk memasukkan 'PIN Lama' dan 'PIN baru'.

7. MESIN ATM BNI KOSONG

ATM BNI tidak bisa melakukan penarikan itu disebabkan karena mesin ATM BNI sedang kosong atau tidak tersedia uang di boks penyimpanan uang.

Jika hal demikian terjadi maka ATM BNI tidak dapat melayani penarikan tunai, namun masih dapat digunakan untuk transaksi lain seperti, cek saldo, transfer, ganti PIN serta transaksi lain, selain penarikan tunai.

Solusi untuk gejala ATM BNI seperti ini, kalian cukup melakukan penarikan tunai di ATM yang lain.

8. JARINGAN TERGANGGU

Penyebab terakhir ATM BNI tidak dapat digunakan karena jaringan ATM terganggu, biasanya jaringan terganggu disebabkan karena BNI sedang melakukan perbaikan layanan.

Solusi untuk masalah ini, Silahkan lakukan transaksi secara berkala atau transaksi di ATM Bank lain selain ATM Bank BNI.

Itulah beberapa penyebab ATM BNI tidak dapat digunakan, semoga ulasan ini dapat memberikan solusi bagi kalian yang mengalami ATM BNI tidak bisa gunakan, apabila ulasan diatas tidak memberikan solusi, kalian dapat menghubungi Bank BNI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Artikel Membantu Lainnya: